Tenaga Surya Sebagai Alternatif Dalam Penerangan Jalan Umum

Tenaga Surya Sebagai Alternatif Dalam Penerangan Jalan Umum

Salah satu aspek penting yang harus ada dalam penataan kota adalah unsur penerangan jalan umum (PJU). Fungsi PJU tidaklah terbatas pada fungsi pencahayaan saja, namun juga berperan penting dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat di sekitarnya. Selain itu sebagai nilai tambah ekonomis, PJU juga bisa menambah unsur estetika pada sebuah ruas jalan di sebuah daerah.

Tingginya biaya pemasangan serta pemeliharaan operasional PJU membuat beberapa pemerintah daerah mengalami kesulitan untuk menambah penerangan di wilayahnya. Kondisi ini membuat beberapa masyarakat di daerah tertentu tidak bisa menikmati layanan penerangan dengan optimal di malam hari.

Salah satu alternatif untuk mensiasati tingginya biaya pemasangan serta pemeliharaan PJU adalah dengan memasang PJU LED bertenaga surya. Dengan suplai energi yang mandiri, pemerintah tidak lagi berkutat dengan tingginya biaya yang harus terus menerus dikeluarkan untuk memelihara PJU dengan tenaga listrik konvensional.

Belakangan ini pengaplikasian lampu LED bertenaga surya juga sudah marak digunakan di berbagai fasilitas umum seperti halte bisa, tempat parkir, jalan di kawasan perumahan, bahkan di SPBU.

Penerangan Jalan Tenaga Surya merupakan sebuah alternatif yang murah dan hemat untuk digunakan sebagai sumber listrik penerangan karena menggunakan sumber energi gratis dan tak terbatas dari alam yaitu energi matahari. Menggunakan modul atau panel surya dengan masa pakai hingga 25 tahun yang berfungsi menerima cahaya (sinar) matahari yang kemudian diubah menjadi listrik melalui proses photovoltaic, lampu jalan tenaga surya (PJU Tenaga Surya) secara otomatis dapat mulai menyala pada sore hari dan padam pada pagi hari dengan perawatan yang mudah dan efisien selama bertahun tahun.

Masa pemakaian Lampu LED bisa mencapai 50.000 jam dengan sumber daya DC. Dengan lamanya interval penggantian lampu berarti juga mengurangi frekuensi dan menghemat biaya operasional pemeliharaan untuk ongkos jasa penggantian bola lampunya saja. Baterai yang digunakan adalah baterai bebas perawatan (maintenance free) jenis VRLA dan tipe Deep Cycle.Dengan menggunakan perangkat ini, kita sudah memiliki sumber energi sendiri tanpa ketergantungan dengan pihak lain, hemat BBM, dan ramah lingkungan. PJU Tenaga Surya beroperasi secara mandiri dan tidak memerlukan kabel jaringan antar tiang sehingga instalasinya menjadi sangat mudah, praktis, sangat ekonomis dan tentunya dapat terhindar dari black out total jika terjadi gangguan.

Secara keseluruhan sistem ini dirancang untuk penyediaan cahaya penerangan umum dengan sumber energi terbarukan, bebas biaya perawatan dan berumur ekonomis lama. Dengan sistem pemasangan yang cepat dan mudah, PJU LED Tenaga Surya dapat menjadi solusi yang cepat dalam mengatasi kebutuhan penerangan jalan umum.

NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.