Pencahayaan Tepat Untuk Tampilan Luar Ruang

Pencahayaan Tepat Untuk Tampilan Luar Ruang

Pencahayaan luar ruang bukan hanya berfungsi sebagai penerangan saja, namun juga dapat berfungsi sebagai sarana untuk mempercantik tampilan rumah atau bangunan. Dengan konsep pencahayaan yang baik, kita bisa menampilkan daya tarik yang lebih tinggi untuk obyek-obyek tertentu yang ingin ditonjolkan.

Sayangnya masih banyak yang belum memahami bagaimana menempatkan pencahayaan sebagai penunjang tampilan bangunan. Fungsi penerangan masih menjadi prioritas utama dalam mengaplikasikan alat-alat penerangan. Hasilnya, rumah atau bengunan memang terlihat terang namun tidak menonjolkan keindahan atau fitur-fitur tertentu yang seharusnya bisa tampil lebih indah.

Ingin menjadikan tampilan rumah atau bangunan lebih indah? Hindari beberapa kesalahan yang sering terjadi dalam penempatan pencahayaan di luar ruangan berikut ini.

1. Jarak lampu
Jarak antar lampu sering menjadi kendala untuk menempatkan pencahayaan di luar ruangan. Hal ini berkaitan dengan jarak bangunan yang saling berdekatan atau bahkan berhimpitan menjadikan lahan cukup sempit untuk menerapkan teknik pencahayaan yang baik.

Salah satu cara untuk mensiasati hal ini adalah dengan tidak mengarahkan sinar lampu ke arah yang berlawanan serta berhadapan. Lampu sebaiknya diarahkan ke arah yang sama. Dengan demikian penyebaran cahaya lampu bisa jadi lebih merata.

2. Intensitas cahaya
Lampu yang baik adalah lampu yang cahayanya tidak menghalangi atau mengganggu fokus pandangan mata. Untuk penerangan taman di depan rumah atau bangunan usahakan tidak langung mengarah ke jalan atau tetangga. Gunakan lampu khusus taman dengan intensitas cahaya yang tidak berlebihan. Hal ini juga bisa menunjang tampilan taman tidak sekedar terang tapi juga lebih indah.

3. Jenis lampu
Gunakan beberapa jenis lampu untuk menyinari obyek atau fitur tertentu seperti tanaman atau patung yang berukuran besar. Penggunaan beberapa jenis lampu berfungsi untuk meratakan cahaya pada bidang yang cukup luas. Cara ini akan menjadikan tampilan taman lebih menarik dan tidak membosankan. Selain itu fungsi penerangan juga akan lebih efektif karena bisa menerangi semua bidang ketimbang menggunakan satu atau dua lampu dengan sorot yang menyilaukan.

4. Lampu warna-warni
Penggunaan lampu warna-warni dan kelap-kelip sebenarnya tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai penunjang penerangan atau dekorasi di bangunan tempat tinggal. Lampu jenis ini hanya cocok digunakan untuk bangunan bisnis seperti restoran, cafe atau tempat hiburan. Penggunaan lampu kelap-kelip pada obyek tertentu di taman rumah hanya akan mengaburkan keindahan obyek tersebut. Jika ingin menonjolkan keindahan obyek tertentu sebaiknya gunakan lampu sorot saja. Penggunaan lampu kelap-kelip akan mengalahkan keindahan obyek itu sendiri meski pancaran sinarnya tidak begitu kuat.

NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.